Saturday, November 21, 2015

Pasar Komputer di Indonesia



Pada era globalisasi saat ini perkembangan dunia digital dan elektronik berkembang dengan pesat. Produsen-produsen elektronik bersaing untuk meningkatkan pasar produk mereka. Penjualan barang-barang elektronik contohnya komputer mengalami penurunan. Pasar komputer di Indonesia juga mengalami penurunan dari tahun 2011 hingga tahun 2012, pertumbuhanya hanya sekitar dua persen. Para produsen komputer terus berusaha meningkatkan penjualan mereka dalam keadaan seperti ini.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa pasar komputer di Indonesia akan mengalami peningkatan. Menurut Victor Herlianto, Consumer Business Lead AMD Indonesia “Market size pemasaran komputer semakin meningkat. Penjualan komputer terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 kami sudah mempunyai tiga line up utama. Kami yakin pasar komputer di Indonesia akan terus meningkat.” hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat dan beberapa daerah di Indonesia belum mempunyai komputer dan belum majunya teknologi di daerah tersebut. Produsen-produsen komputer di Indonesia juga membuktikan dengan data riset yang dikeluarkan oleh International Data Corporation(IDC), pada kuartal ketiga perangkat komputer yang dikapalkan di Indonesia tumbuh 10 persen.


Produsen-produsen komputer tidak akan menghentikan peningkatan pasar mereka di Indonesia karena permintaan komputer di Indonesia akan mengalami peningkatan. Para produsen juga mulai mempromosikan komputer produksi mereka ke kota-kota yang masih awam akan teknologi. Mereka memperkenalkan komputer  mereka untuk segmen kelas menengah kebawah dengan kualitas teknologi yang baik dengan harga yang terjangkau. Cara ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan mereka. Pada era globalisasi sekarang ini teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu memenuhi kebutuhan  sehari-hari. Teknologi juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah-daerah yang awam akan teknologi.  Faktor-faktor tersebutlah yang membuat para produsen tetap melakukan peningkatan pasar produk mereka di Indonesia.


Daftar Pustaka :
  • Chandrataruna. Wibowo. 2013. Di Indonesia Pasar Komputer PC Masih Seksi. http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/398519-di-indonesia--pasar-komputer-pc-masih-seksi. 19 November 2015
  • Fajrina. 2015. Pasar Komputer Indonesia Masih Seksi Bagi Dell. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150106144703-185-22689/pasar-komputer-indonesia-masih-seksi-bagi-dell/. 19 November 2015
  • Rizkia. 2015. Di Bisnis Komputer, Lenovo Indonesia Masih Bergantung Pada Laptop. http://selular.id/news/2015/10/di-bisnis-komputer-lenovo-indonesia-masih-bergantung-pada-laptop/. 19 November 2015

No comments:

Post a Comment