Pada era globalisasi saat ini
perkembangan dunia digital dan elektronik berkembang dengan pesat.
Produsen-produsen elektronik bersaing untuk meningkatkan pasar produk mereka.
Penjualan barang-barang elektronik contohnya komputer mengalami penurunan.
Pasar komputer di Indonesia juga mengalami penurunan dari tahun 2011 hingga
tahun 2012, pertumbuhanya hanya sekitar dua persen. Para produsen komputer
terus berusaha meningkatkan penjualan mereka dalam keadaan seperti ini.
Ada beberapa pendapat yang
mengatakan bahwa pasar komputer di Indonesia akan mengalami peningkatan. Menurut
Victor Herlianto, Consumer
Business Lead AMD Indonesia “Market
size pemasaran komputer semakin meningkat. Penjualan komputer terus mengalami
peningkatan. Pada tahun 2013 kami sudah mempunyai tiga line up utama. Kami
yakin pasar komputer di Indonesia akan terus meningkat.” hal ini dikarenakan
masih banyak masyarakat dan beberapa daerah di Indonesia belum mempunyai
komputer dan belum majunya teknologi di daerah tersebut. Produsen-produsen
komputer di Indonesia juga membuktikan dengan data riset yang dikeluarkan oleh
International Data Corporation(IDC), pada kuartal ketiga perangkat komputer
yang dikapalkan di Indonesia tumbuh 10 persen.
Produsen-produsen komputer tidak
akan menghentikan peningkatan pasar mereka di Indonesia karena permintaan
komputer di Indonesia akan mengalami peningkatan. Para produsen juga mulai mempromosikan
komputer produksi mereka ke kota-kota yang masih awam akan teknologi. Mereka memperkenalkan
komputer mereka untuk segmen kelas
menengah kebawah dengan kualitas teknologi yang baik dengan harga yang
terjangkau. Cara ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan mereka. Pada era
globalisasi sekarang ini teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu memenuhi
kebutuhan sehari-hari. Teknologi juga
dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah-daerah yang awam akan
teknologi. Faktor-faktor tersebutlah
yang membuat para produsen tetap melakukan peningkatan pasar produk mereka di
Indonesia.
- Chandrataruna. Wibowo. 2013. Di Indonesia Pasar Komputer PC Masih Seksi. http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/398519-di-indonesia--pasar-komputer-pc-masih-seksi. 19 November 2015
- Fajrina. 2015. Pasar Komputer Indonesia Masih Seksi Bagi Dell. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150106144703-185-22689/pasar-komputer-indonesia-masih-seksi-bagi-dell/. 19 November 2015
- Rizkia. 2015. Di Bisnis Komputer, Lenovo Indonesia Masih Bergantung Pada Laptop. http://selular.id/news/2015/10/di-bisnis-komputer-lenovo-indonesia-masih-bergantung-pada-laptop/. 19 November 2015
No comments:
Post a Comment